Rab. Okt 28th, 2020

Pantau News

Aktual dan Terpercaya

Sudut Pandang Part I: Jelang Penetapan di Pilkada Dumai, Dugaan Kuat ‘Bongkar Pasang’

PANTAUNEWS.COM – Menjelang pendaftaran di KPUD, sejumlah Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai semakin gelisah. Pilkada Dumai 2020 yang semakin hangat dibicarakan, dugaan bongkar pasang pasangan.

Sebut saja Pasangan Paisal – Amris yang jauh-hari menyatakan maju bersama di Pilkada Dumai 2020. Pasangan yang memiliki jargon PAS, cukup mendapat simpati dukungan masyarakat. Namun, Paisal yang perdana mengantongi rekomendasi NasDem, tampaknya kesulitan mencari tambahan kursi DPRD sebagai syarat maju di Pilkada Dumai 2020.

Jika dilihat dari pemetaan politik Pilkada di Kota Dumai, hanya tinggal beberapa saja parpol yang tersisa. PKS – PAN yang sudah menyatakan dukungan kepada Edi Sepen – Zainal Abidin dan pasangan Hendri Sandra – HM Rizal Akbar baru-baru ini sudah mengantongi restu PDIP maju di Pilkada Dumai 2020.

Rebutan perahu antara Paisal dan Hendri Sandra, santer mencuat dukungan partai berlambang ka’bah dengan dikantonginya KTA PPP oleh calon pendampinginya HM Rizal Akbar. Walaupun belum ada satupun pengumuman resmi dari DPP PPP, manuver yang cukup kuat dari pasangan yang memiliki motto ‘HANDAL MENUJU DUMAI HEBAT’ diprediksi PDIP – PPP akan berkoalisi di Pilkada Dumai.

Baca Juga:  Belum Beroperasinya Usaha Hiburan, Wako Dumai Gelar Rapat Koordinasi dengan Pengusaha

Pendaftaran calon kepala daerah yang tinggal hitingan hari ini, informasi terangkum masih ada beberapa Balon Wako Dumai yang masih ngotot maju di Pilkada Dumai 2020. Selain Paisal, sebut saja namanya Ahmad Maritulius, Gamal Abdul Nasir dan Syafrudin Agus Husin. Untuk Balon Wawako, ada Amris, Nita Ariani, Syarifah, Zulkarnaen Noerdin, Rasidin Siregar. Terakhir ada juga mencuat dua nama kader Gerindra yakni Idrus dan Johannes MP Tetelepta yang akrab disapa Aci sebagai Balon Wawako.

Balon Wako Dumai petahana Eko Suharjo, walaupun diprediksi akan didukung DPP Demokrat, namun secara resmi belum ada pengumuman dengan calon pendamping dan koalisinya. Eko Suharjo dinilai cukup ‘sexy’ dan menarik diperebutkan oleh sejumlah Bakal Cawako.

Baca Juga:  Pelaksanaan Pilkada 2020 Dinilai Terkesan Dipaksakan

Selanjutnya Ahmad Maritulius, Balon yang tetap ‘kekeh’ maju sebagai orang nomor satu juga masih bertengger pada dukungan partai besutan Surya Paloh. Namanya, masih masuk nominasi dan calon kuat pengganti mandat yang dikantongi Balon Wako Paisal. Surat rekomendasi yang dikeluarkan DPP NasDem, ternyata memiiliki batas waktu sampai dengan H -14 menjelang pendaftaran di KPUD.

Ahmad Maritulius yang santer cukup harmonis dengan Balon Wawako asal Gerindra Nita Ariani, dinilai kalangan berpeluang maju bersama. NasDem  – Gerindra melebihi syarat dukungan kursi di DPRD Dumai untuk pencalonan dan pendaftaran di KPUD pada tanggal 4-6 September mendatang.

Gamal Abdul Nasir yang juga masih menunggu kepastian PPP untuk diusung dengan ‘terkatung-katungnya’ HANDAl dan PAS. Dua pasangan Balon yang digadang-gadangkan, masih terlihat menunggu kepastian parpol berlambang Ka’bah.

Gamal yang juga masih mesra dengan Nita Ariani, kader Gerindra satu-satunya serius maju di Pilkada Dumai 2020, tidak tertutup kemungkinan akan maju bersama. Informasi yang terangkum, Gerindra akan memajukan kadernya sendiri di Pilkada Serentak 2020 di Kota Dumai.

Baca Juga:  PAN dan Demokrat jika Disandingkan di Pilkada Dumai 2020, Ujang Doktor: Zainal dan Eko Pasangan Serasi

Balon Wako Dumai yang masih bertahan, terakhir Ketua DPH LAMR Datuk Seri Syarudin Agus. Pencalonannya mendapat sambutan diberbagai kalangan elit DPP. Selain PKS – PAN , ternyata parpol lain yang memiliki kursi di DPRD Dumai masih memberikan sinyal dan mandat kepadanya.

Informasi yang terangkum dan terendus, Syarudin Agus juga dikabarkan akan berdampingan dengan petahana Eko Suharjo. Belum diketahui, komposisi antara Syarudin Husin dan Eko Suharjo jika direstui untuk maju bersama. Nama Nita Ariani juga sempat digembor-gemborkan mendampinginya di Pilkada Dumai 2020. Namun sampai saat ini, belum ada satupun kepastian DPP yang mengarah kepadanya.

Opini Bersambung…..

Ditulis Oleh: Edriwan

Founder Redaksi Grup Bersama  

banner 300250

Kategori