Kategori

11/05/2021

Pantau News

Aktual dan Terpercaya

Capai 300 Persen Lebih, Rutan Dumai Over Kapasitas

PANTAUNEWS.COM – Rutan (Rumah Tahanan Negara) Kelas II B Dumai Jalan Pemasyarakatan Kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Dumai Selatan, saat ini Over kapasitas mencapai 300 persen lebih. Kamis, 15/4/2021.

Kapasitas Rutan Kelas II B Dumai hanya 256 orang, tetapi saat ini dihuni 1044 orang dengan 33 kamar menurut keterangan Kepala Rutan Daniel.A.Md.Ip.SH.MH. Dengan over kapasitas ini sangat tidak manusiawi sekali bagi masyarakat yang menjalani hukuman di Rutan Kelas II B Dumai.

Kepala Rutan Kelas II B Dumai menjelaskan, dalam rangka menangani over kapasitas di Rutan Kelas II B Dumai, dimana saat ini kapasitasnya 256 pertanggal 15/04/2021 dihuni oleh 1044 narapidana dan tahanan.

“Dengan kelebihan sangat tinggi diatas 300 persen, kami mengharapkan adanya dukungan dari pemerintah kota dalam hal pematangan lahan. Lokasi yang telah diberikan tahun lalu oleh pemerintah Kota Dumai di daerah Bagan Besar, guna juga ditindak lanjuti untuk pembangunannya,” sambungnya lagi.

Baca Juga:  Dit Reskrimum Polda Riau Ringkus 3 Spesialis Curas Lintas Provinsi

” Dengan maksud supaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang berhadapan dengan hukum, supaya lebih layak, lebih manusiawi dan lebih memadai sarana dan pasarananya,” tambah Karutan Dumai.

Dengan over kapasitas di Rutan Kelas II B Dumai menjadi perhatian, karena penghuni rutan harus mendapatkan juga pelayanan yang baik, dengan over kapasitas mencapai 300 persen dipastikan masyarakat yang menjalini proses hukuman tidak mendapatkan pelayanan secara maksimal di dalam Rutan Kelas II B Dumai Saat ini.

Langkah yang akan diambil Kepala Rutan Kelas II B Dumai Pance Daniel supaya pembuatan Rutan yang baru cepat terealisasi.

” Kami akan mengadakan komunikasi dan kordinasi kepada pemerintah Kota Dumai, dalam hal ini Walikota terpilih yang sudah menjalankan tugasnya. Kami akan bersilahturahmi memohon petunjuk dan dukungan, supaya proses pematangan lahan bisa dapat dibantu dan teralisasikan secepatnya,” jelasnya.

Baca Juga:  Gaji 13 PNS Pemko Pekanbaru Ditargetkan Cair Besok

“Setelah itu kami secepatnya melaporkan kepimpinan kami Direktorat Jendaral Pemasyarakatan dengan membawa dukungan yang cukup, bahwa Rutan Kelas II B Dumai sudah selayaknya dibuatkan bangunan lebih memadai, dilahan yang lebih luas, supaya bisa menampung kapasitas yang lebih relevan dengan kondisi penghuni saat ini,” pungkasnya.

Editor: Rio

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *