Rab. Okt 28th, 2020

Pantau News

Aktual dan Terpercaya

Penandatanganan Kesepkatan Wakil Bupati Badrun Nggai, Kabupaten Parigi Moutong Canangkan ‘Bebas Malaria’

PANTAUNEWS.COM–  Sesuai data Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong Propinsi Sulawesi Tengah, tingkat penyebaran malaria tertinggi tahun 2019 berada di Kecamatan Palasa.

Dalam keterangan Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, saat membuka dan sekaligus memberikan materi kegiatan upaya membangun komitmen bersama Camat Palasa.

“Dengan jumlah 76 kasus pada tahun 2019 dan untuk tahun 2020 ini, turun menjadi 3 kasus,” kata Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai.

Kegiatan yang juga dihadiri para Kepala Dinas kesehatan, Kepala Desa, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan masyarakat dalam upaya memutus mata rantai pengendalian viktor nyamuk anopheles yang digelar Dinas Kesehatan Parigi Moutong.

Bertempat di ruangan Kantor Camat Palasa, Wakil Bupati Badrun Nggai, menyatakan kesepakatan dalam rencana tindak lanjut yang disetujui antara lain, kepedulian antara pemerintah desa setempat dan mengalokasikan dana desa untuk mengendalikan viktor nyamuk anopheles.

Baca Juga:  Kalung 'Antivirus' Corona Buatan RI Diproduksi Massal Bulan Depan

Selanjutnya, dalam pelaksanaan penyemprotan nyamuk malaria, pengadaan kelambu untuk malaria di desa terpapar, pemberantasan sarang nyamuk melalui ‘Jumat Bersih’ dan di tahun 2021 Kecamatan Palasa ‘Bebas Penyakit Malaria’.

“Kesepakatan ini harus dilaksanakan dengan bebas penyakit malaria,” tutur Wakil Bupati.

Badrun Nggai menjelaskan bahwa eliminasi malaria merupakan suatu upaya yang untuk menghentikan penghentian wabah malaria setempat dalam satu wilayah.

“Maka membebaskan masyarakat dari malaria (eliminasi malaria) memerlukan komitmen global regional dan maupun secara nasional,” tuturnya.

Wakil Bupati juga menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai berbagai penyakit menular lainya.

“Kita semua juga harus mewaspadai penyakit menular lainya seperti TBC, HIV/Aids dan Covid-19,” ungkapnya lagi.

Baca Juga:  Bawa Senjata Tajam, Keluarga Mengamuk Jemput Paksa PDP Covid-19 di RSUD Baubau

Kegiatan yang dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan dan rencana kelanjutan komitmen pemutusan mata rantai pengendalian viktor nyamuk anopheles di Kecamatan Palasa oleh Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai dan didampingi Kadis Kesehatan dr Agus S Hadi.

Penulis: Mansyur Pakaya (CR 1)

Editor: Edriwan

banner 300250

Kategori