Kategori

11/05/2021

Pantau News

Aktual dan Terpercaya

Cegah Banjir, Normalisasi Sungai Dumai Sudah Berjalan

PANTAUNEWS.COM – Langkah cepat yang dilakukan Walikota dan Wakil Walikota Kota Dumai dalam normalisasian aliran sungai Dumai sedang digiatkan.Excavator Amphibi sudah mulai bekerja.

Program 100 hari kerja Walikota dan Wakil Walikota Dumai yang salah satunya adalah penanganan banjir dengan cara normalisasi Sungai Dumai akan segera terwujud. Alhamdulillah Alat Excavator Amphibi dari Balai Wilayah Sungai Sumatra III Kementrian PUPR sudah bisa digunakan.

Walikota Dumai H. Paisal, SKM. MARS didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H. Syahrinaldi, S.Sos, M.Si, Camat Dumai Selatan Yudha Pratama Putra, S.STP, Plt Kadis PUPR Kota Dumai Zulkarnain, S.Sos, M. Si dan Kabid SDA PUPR Kota Dumai Wan Rieko Candra, ST melaksanakan tinjauan di kawasan Sungai Dumai, berlokasi di Jl. Garuda Sakti, Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan. Kamis 15 April 2021 lalu.

Baca Juga:  PHRI Ingatkan Hotel Tak Gunakan Segala Cara Dapatkan Tamu

Tinjauan dilakukan untuk memantau pengerjaan normalisasi Sungai Dumai. Banyaknya sampah, endapan lumpur dan tumbuhan enceng gondok yang mengganggu ekosistem sekitar sungai yang menimbulkan banjir, dibersihkan dengan menggunakan Excavator Amphibi.

Walikota Dumai H. Paisal Saat dikonfirmasi Via WhatsApp Mengatakan, Alhamdulillah permintaan bantuan Alat Excavator Amphibi dari Balai Wilayah Sungai Sumatra III Kementrian PUPR sudah di respon dan sudah bisa digunakan.

“Kita akan menggesa untuk penormalisasian sungai Dumai yang panjangnya lebih kurang 10 KM, untuk saat ini Alhamdulillah sudah selesai 3 KM,” sebutnya.

“Selain Amfibi Excavator, Kita juga mempunyai alat Excavator Long Arm untuk bekerja dibagian pinggiran sungai dan untuk areal tengah sungai Kita menggunakan Excavator Amphibi,” lanjunya.

Baca Juga:  Posko Relawan Bagikan Bantuan, Ketua MUI Riau: Inisiatif Mulia

InsyaAllah ini merupakan solusi jangka pendek bagaimana jika terjadi banjir akan dapat segera surut.

Untuk Excavator Amphibi dari Pemko sendiri, saat ini sudah dalam tahap pengadaan, InsyaAllah dalam tahun ini Kita akan segera mempunyai Alat Excavator Amphibi sendiri.

“Ini bukan penyelesaian Masalah banjir, kedepannya kita akan terus melakukan survei, pemantauan dan riset agar Permasalahan banjir di Kota Dumai bisa teratasi secepatnya,” tambahnya.

Kita juga berencana akan membangun Embung seluas 15 Ha di jalan Abdul Rab Khan Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan.

“Semoga dengan upaya ini bisa mengentaskan permasalahan banjir di Kota Dumai sesuai harapan seluruh Masyarakat Dumai, Amin,” pungkas Walikota Dumai H. Paisal.

Baca Juga:  Ingin Wujudkan Insan "BCB" di Kota Dumai, Paklong Gamal Gencar Lakukan Komunikasi Politik

Sementara Plt Kadis PUPR Dumai melalui Kadis Sumber Daya Air (SDA) Wan Rieko Candra saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp mengutarakan, Setelah melakukan koordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Air (BBKSDA) telah disepakati pembangunan Embung di Taman Wisata Alam (TWA) Sungai Dumai seluas 15 Ha.

“Kedepannya Embung tersebut berfungsi sebagai penampungan air dan bangunan pengendali banjir,” sebutnya.

“Dengan dilakukan kegiatan normalisasi ini, semoga dapat mengembalikan dan mengoptimalkan fungsi Sungai Dumai,” tutupnya. *** (RGB)

Editor: Rio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *